KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
NO KOMPETENSI INDIKATOR
1 Membaca dan memahami berbagai
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks. teks nonsastra (biografi, artikel,
Menentukan persamaan isi berita. berita, iklan, tabel/diagram, bagan,
Menentukan perbedaan penyajian berita. grafik, peta, denah), berbagai karya
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan. sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan. Menyimpulkan isi paragraf. Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah. Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi. Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak. Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel. Mengidentifikasi unsur intrinsik drama. 2. Menulis dan menyunting teks
Menulis catatan pengalaman pada buku harian. nonsastra dengan menggunakan
Menulis pesan singkat sesuai konteks. kosakata yang bervariasi dan efektif
Menulis laporan/pengumuman/resensi. dalam bentuk buku harian, surat
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca. pribadi, surat dinas, narasi dan pesan
Menulis rangkuman. singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
Menulis teks berita sesuai konteks. Menulis slogan sesuai konteks. Menulis iklan sesuai konteks. Menyusun petunjuk melakukan sesuatu. Menulis teks pidato. Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka. Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata. Melengkapi pantun. Melengkapi puisi. Melengkapi naskah drama.
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 1
2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs
NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. READING (Membaca)
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf Memahami makna dalam wacana
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tertulis pendek baik teks fungsional
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau maupun esai sederhana berbentuk
tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek deskriptif (descriptive, procedure,
berbentuk caution/notice/warning, greeting card, maupun report) dan naratif (narrative
letter/e-mail, short message, advertisement, dan recount) dalam konteks
announcement, invitation, schedule. kehidupan sehari-hari.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report. 2. WRITING (Menulis)
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks Mengungkapkan makna secara tertulis
rumpang bentuk recount/narrative sederhana. teks fungsional pendek dan esai
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks sederhana berbentuk deskriptif
rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana. (descriptive, procedure, maupun
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat report) dan naratif (narrative dan
kalimat yang bermakna. recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 2
3. MATEMATIKA SMP/MTs
NO KOMPETENSI INDIKATOR 1. Menggunakan konsep operasi hitung
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan dan sifat-sifat bilangan, perbandingan,
operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan. bilangan berpangkat, bilangan akar,
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aritmetika sosial, barisan bilangan,
perbandingan. serta penggunaannya dalam
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemecahan masalah.
operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret. 2. Memahami operasi bentuk aljabar,
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar. konsep persamaan dan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linier, persamaan
persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem
variabel. persamaan linier, serta
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penggunaannya dalam pemecahan
himpunan. masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi. Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel. 3.
Memahami konsep kesebangunan,
Menyelesaikan masalah menggunakan teorema sifat dan unsur bangun datar, serta
Pythagoras. konsep hubungan antarsudut dan/atau
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas garis, serta menggunakannya dalam
bangun datar. pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau pelurus). Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis- garis istimewa pada segitiga. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran. Memahami sifat dan unsur bangun
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang. ruang, dan menggunakannya dalam
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemecahan masalah.
kerangka atau jaring-jaring bangun ruang. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 3
NO KOMPETENSI INDIKATOR 4. Memahami konsep dalam statistika,
Menentukan ukuran pemusatan atau serta menerapkannya dalam
menggunakannya dalam menyelesaikan masalah pemecahan masalah.
sehari-hari. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data. 5. Memahami konsep peluang suatu
kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 4
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menerapkan konsep zat dan kalor
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya serta kegunaannya dalam kehidupan
atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari. sehari-hari.
Menentukan konversi suhu pada termometer.
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari. 3. Mendeskripsikan dasar-dasar
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
Newton dalam kehidupan sehari-hari. energi) serta penerapan konsep
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi . tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat. 4. Memahami konsep-konsep dan
Menentukan besaran fisis pada getaran atau penerapan, getaran, gelombang,
gelombang. bunyi, dan optik dalam produk
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam teknologi sehari-hari.
kehidupan sehari-hari. Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari. 5. Memahami konsep kelistrikan dan
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kemagnetan serta penerapannya
kehidupan sehari-hari. dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub- kutub yang dihasilkan. Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator. 6. Memahami sistem tata surya dan
proses yang terjadi didalamnya.
Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari. 7 Mendeskripsikan konsep atom, ion
dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.
8. Memahami klasifikasi zat serta Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 5
NO KOMPETENSI INDIKATOR
perubahannya.
Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu serta perubahannya. 9. Mendeskripsikan pemakaian bahan
Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat kimia tertentu dalam kehidupan
dalam beberapa produk kimia. sehari-hari. Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat
psikotropika serta cara menghindarinya. 10. Mendeskripsikan ciri-ciri dan
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup. keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri- cirinya.
11. Mendeskripsikan komponen
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem, interaksi antarmakhluk
ekosistem. hidup dalam lingkungan, serta peran
Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi manusia dalam pengelolaan
pencemaran/kerusakan lingkungan. lingkungan. Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus. 12. Menjelaskan sistem organ pada
Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan manusia.
penyakit yang berhubungan dengannya. Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzim- enzim yang berperan pada proses pencernaan. Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya. Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya. Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya. Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada manusia. 13. Menjelaskan sistem organ dalam
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ) kehidupan tumbuhan
pada tumbuhan. Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar. Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan- percobaan tentang proses tersebut. 14. Mengaplikasikan konsep
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi pertumbuhan dan perkembangan,
alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup. kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
masyarakat.
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 6
B. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMPLB
5. BAHASA INDONESIA SMPLB - A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA
RINGAN, DAN TUNA LARAS)
NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Membaca
Menentukan isi bacaan. Membaca dan memahami berbagai
Menentukan gagasan utama paragraf. bentuk wacana tulis (biografi, iklan,
Menentukan kalimat utama paragraf. artikel/buku, esiklopedia/buku
Menyimpulkan isi bacaan. telepon, grafik tabel, bagan, denah berita) dan berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, dan novel dari berbagai angkatan
Mengidentifikasi isi grafik/tabel/bagan/denah. Menentukan fakta/opini. Mengidentifikasi isi teks biografi. Menentukan unsur intrinsik cerpen. Menentukan unsur intrinsik novel. 2. Menulis
Menulis buku harian sesuai konteks. Menulis karangan nonsastra dengan
Menulis teks berita/pidato sesuai konteks. menggunakan kosakata bervariasi dan
Menulis surat pribadi. efektif dalam bentuk buku harian,
Menulis surat dinas. surat pribadi, pesan singkat, laporan,
Menulis surat pembaca. surat berita, resensi, sederhana, berbagai pantun, dinas, slogan, dongeng, karangan, karya pidato, petunjuk, poster, sastra puisi, karya surat berbentuk rangkuman, iklan drama pembaca, ilmiah baris,
dan teks
Menulis Menulis Menulis Menulis Menyunting Menulis slogan/poster.
rangkuman. petunjuk melakukan sesuatu. laporan.
ejaan, tanda baca, pilihan kata. unsur karya ilmiah (latar belakang/tujuan/ rumusan masalah/daftar pustaka). Melengkapi puisi/pantun. Melengkapi drama.
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 7
6. BAHASA INDONESIA SMPLB - B (TUNARUNGU)
NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Memahami berbagai jenis teks
Mengidentifikasi isi paragraf/teks nonsastra (berita, biografi, grafik,
Menyimpulkan isi paragraf/teks tabel, denah), makna kata, dan teks
Menentukan gagasan utama suatu paragraf/teks sastra (cerpen, novel, drama)
Menentukan makna kata sesuai konteks Mengidentifikasi jenis kalimat Menentukan isi tabel/diagram, grafik, denah Mengidentifikasi hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi Menentukan isi teks berita Menentukan fakta dan pendapat Menentukan makna kata/ungkapan dalam teks sastra Mengidentifikasi unsur intrinsik drama Mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen/novel 2. Menulis dan menyunting teks
Menulis pengalaman pada buku harian nonsastra dengan menggunakan kosa
Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat kata dan kalimat efektif dalam bentuk
Menulis paragraf laporan pengumuman, iklan, laporan, buku
Melengkapi surat pribadi harian, surat pribadi, surat dinas,
Melengkapi surat dinas pesan singkat, teks pidato, petunjuk, serta teks sastra dalam bentuk puisi, cerpen, drama
Menulis pengumuman Menyunting kata, pilihan kata, kalimat, ejaan/tanda baca Menulis pesan singkat Melengkapi teks pidato Menulis petunjuk Melengkapi puisi Melengkapi drama Melengkapi cerpen
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 8
7. BAHASA INGGRIS SMPLB - A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA RINGAN,
DAN TUNA LARAS)
NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Reading (Membaca)
Menentukan gambaran umum atau informasi Memahami makna teks tulis berupa
rinci/informasi tertentu/informasi tersirat, serta teks fungsional pendek
rujukan kata atau makna kata/frasa/kalimat, dalam (pengumuman, label dan lain-lain)
teks berbentuk notice/shopping list. yang ditemukan dalam berbagai konteks, situasi dan berbagai jenis teks (naratif, deskriptif dan sebagainya) yang menggunakan bahasa sangat sederhana.
Menentukan gambaran umum atau informasi rinci/informasi tertentu/informasi tersirat, serta rujukan kata atau makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk kartu ucapan selamat/daftar barang. Menentukan gambaran umum atau informasi rinci/informasi tertentu/informasi tersirat, serta rujukan kata atau makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk undangan/pesan singkat. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat, serta rujukan kata atau makna kata/frasa/kalimat, dalam teks berbentuk letter. 2. Writing (Menulis)
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks Mengungkapkan makna secara tertulis
fungsional yang rumpang, pendek dan sederhana dalam berbagai teks fungsional
serta pada kalimat/paragraf naratif/deskriptif/recount/ pendek (pesan, kartu ucapan dan
procedure sebagainya) yang digunakan dalam
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat berbagai konteks, situasi serta menulis
kalimat yang bermakna. berbagai jenis paragraf (naratif, deskriptif dan sebagainya) yang menggunakan bahasa sangat sederhana.
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 9
8. BAHASA INGGRIS SMPLB - B (TUNARUNGU)
NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Reading (Membaca)
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf Memahami makna dalam wacana
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tertulis, interpersonal dan
tersirat, serta rujukan kata atau makna transaksional sederhana secara formal
kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk ucapan dan informal dalam konteks
selamat/pengumuman/daftar kehidupan sehari-hari.
barang/instruksi/notice/shopping list/pesan singkat/undangan. Menentukan kosa kata yang tepat pada bidang keterampilan tata busana/tataboga/ komputer/ pengetikan Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat, serta rujukan kata atau makna kata/frasa/kalimat dalam teks fungsional pendek berbentuk procedure. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi rinci/informasi tertentu/informasi tersirat, serta rujukan kata atau makna kata/frasa/kalimat dalam teks fungsional pendek berbentuk descriptive. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat, serta rujukan kata atau makna kata/frasa/kalimat, dalam teks fungsional pendek berbentuk recount. 2. Writing (Menulis)
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks Mengungkapkan perasaan, kehendak,
rumpang, pendek dan sederhana berbentuk pendapat, pengalaman secara tertulis
descriptive/recount/ procedure serta teks fungsional dalam wacana interpersonal dan
pendek sederhana. transaksional sederhana secara formal maupun informal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang padu dan bermakna.
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 10
No comments:
Post a Comment