Tutorial Membuat Aplikasi dengan Access - Membuat program Aplikasi ternyata tidak
sesulit seperti yang dibayangkan. Untuk kebutuhan di kantor kita bisa
membuatnya sendiri dengan belajar otodidak. Selain mempunyai nilai plus bagi
kita, juga akan menambah wawasan tentang dunia pemrograman.
Microsoft Access sebenarnya kaya akan fitur-fitur untuk pembuatan aplikasi.
Baik dalam skala kecil maupun untuk skala besar. Microsoft Access adalah salah
satu paket yang dibundel dalam Microsoft Office buatan Microsoft. Untuk membuat
aplikasi sederhana untuk perkantoran saya lebih memilih membuatnya menggunakan
acces. Disamping karena proses pembuatannya tidak terlalu lama, juga hasilnya
tidak kalah dengan bahasa pemrograman lain. Juga aplikasi yang dihasilkan
bersifat portabel asalkan di komputer sudah terinstal microsoft office, dan
juga biaya untuk maintenance aplikasi gampang dilakukan.
Saya akan membagikan tutorial step by step cara untuk membuat
program sederhana dengan menggunakan microsoft access. Kita akan belajar
bagaimana membuat aplikasi dengan mengetikkan langsung perintah pemrogramannya
(tanpa menggunakan wizard). Sebagai contoh kasus belajar postingan saya yang
lalu. Untuk memudahkan
silahkan di downlod dulu aplikasi tersebut.
Memulai Microsoft Access 2007
Pada Start Menu jalankan Microsoft Office Access 2007, kemudian klik New atau
tekan Ctrl+N
Pada menu disebelah kanan bawah beri nama file
Undangan lalu klik tanda folder warna kuning (yang saya lingkari merah)
Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti gambar berikut. Pada
pilihan Save as type pilihlah Microsoft Office Access Database dengan type data
.mdb seperti pada gambar dibawah. Klik OK
Membuat Tabel
Pada menu Access pilih Create lalu pilih Table Design untuk membuat tabel baru dan beri nama :tbl_DataLabel.
Lihat gambar dibawah yang saya lingkari merah.
Buat
field seperti berikut :
FieldName
|
DataType
|
FieldSize
|
|
IDLabel
|
Number
|
Long Integer
|
|
NamaLabel1
|
Text
|
255
|
|
NamaLabel2
|
Text
|
255
|
|
Alamat
|
Yes/No
|
Yes/No
|
Default value=1
|
CetakAmplop
|
Yes/No
|
Yes/No
|
Default value=1
|
Klik kanan pada field ID Label dan set sebagai
Primary Key, seperti gambar berikut
Setelah itu simpan tabel yang kita buat dan beri
nama : tbl_DataLabel
Membuat Form
Selanjutnya kita akan membuat sebuah sebuah form
sebagai tampilan antar muka aplikasi yang akan kita buat. Tampilan form yang
akan kita buat seperti ini :
Untuk membuat form Pada menu bar Create
pilih/klik Form Design (yang saya lingkari merah) seperti gambar dibawah ini :
Simpan form yang telah kita buat dan beri nama : frm_DataLabelDetail
Kita akan menghubungkan tabel yang kita buat
sebelumnya (tbl_DataLabel) dengan form yang baru selesai
dibuat. Berikutnya klik 2 kali di kotak kecil warna hitam di sudut kiri atas
pada form yang telah anda dibuat.
Setelah anda mengklik 2 kali akan muncul form Property Sheet seperti dibawah ini. Pilih tab Data, pada pilihan Record Source klik pada kotak dengan yang saya lingkari merah
seperti pada gambar. Jadi kita akan memanfaatkan perintah query pada access
untuk memilih field.
Setelah
di klik akan muncul pilihan seperti gambar dibawah. Klik 2 kali / pilih tbl_DataLabel setelah itu klik tombol Close.
Disini kita akan mengisi field –field pada tabel tbl_DataLabel
kedalam Setelah itu klik 2 kali atau seretlah tanda * kedalam kolom yang telah
tersedia disebelah bawah. Pilih juga field IDLabel sebagai field primary (kunci). Hilangkan centang pada kotak
dibawah IDLabel, pilih Ascending pada baris short di kolom IDLabel seperti gambar berikut. Jika sudah, tutuplah jendela Query
Builder dengan mengklik tanda X disudut kanan atas. Jawab Yes pada konfirmasi Do you want to save….
Sekarang pada Menu Access pilih menu Design lalu klik pada Add Existing Fields yang saya lingkari merah seperti gambar dibawah.
Setelah di klik akan muncul menu Field List dari tabel tbl_DataLabel seperti gambar berikut
Seretlah
field-field tersebut satu-persatu kedalam form frm_DataLabelDetail sehingga tampak seperti
gambar dibawah berikut ini.
Selanjutnya Klik kanan pada tulisan Detail
lalu pilih Form Header/Footer untuk memunculkan Header dan Footer form.
Hasilnya seperti gambar dibawah setelah kita memilih Form Header. Klik lalu
Hapuslah semua label atau tulisan yang pake titik dua. Tulisan yang dihapus
yaitu IDLabel: NamaLabel1: NamaLabel2: Alamat:, Cetak,
Amplop, sehingga yang tersisa
seperti pada gambar berikut.
Atur ulang field-field tadi sehingga bentuknya menjadi
horizontal, sampai tampilannya seperti pada gambar berikut.
Kita akan membuat ulang label-label yang kita hapus tadi. Pada
menu Access pilih menu Designkemudian pilih Label (yang saya lingkari merah)
Klik pada label dan taruh di bawah tulisan Form Header, buatlah satu persatu sehingga tampilannya akan menjadi seperti
gambar dibawah ini. Nama label yang dibuat boleh tidak sama dengan nama field
(disesuaikan saja), Usahakan agar label yang kita buat sejajar dengan nama-nama
Field dibawahDetail agar kelihatan rapi.
Buat lagi sebuah form baru seperti langkah membuat frm_DataLabelDetail diatas. Form ini kita akan beri nama: frm_DataLabel. Form ini akan kita fungsikan sebagai
tempat melekatnyafrm_DataLabelDetail. Mengapa kita perlu membuat
form ini? Yah form ini kita akan jadikan sebagai Form induk agar tampilan
aplikasi tidak mengambang.
Selanjutnya klik 2 kali pada kotak hitam kecil disudut kiri atas (yang saya
lingkari merah). Setelah diklik maka akan muncul pengaturan properti seperti
gambar berikut :
Pada tab Format aturlah beberapa properti form seperti
berikut ini :
Caption
|
Aplikasi Label Undangan
|
Border Style
|
Thin
|
Default View
|
Single Form
|
Record Selectors
|
No
|
Navigation Buttons
|
No
|
Dividing Lines
|
No
|
Scroll Bars
|
Neither
|
Sekarang kita akan menggabungkan form frm_DataLabel dengan form frm_DataLabelDetail. Pada menu Access pilihlah menu Design lalu klik Subform/Subreport (yang saya lingkari merah) seperti gambar
berikut.
Klik dan tempatkan pada form frm_DataLabel. Pada konfirmasi Subform Wizard yang muncul pilihlahfrm_DataLabelDetail, lalu klik Next dan lalu pilih Finish. Maka frm_DataLabelDetail akan muncul
ditengah-tengah form frm_DataLabel. Aturlah supaya posisinya berada
ditengah-tengah seperti gambar berikut ini :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………..Aplikasi Agenda Surat
Masuk dan Surat Keluar Gratis - Saya akan membagikan aplikasi persuratan untuk agan semua.
Aplikasi ini sangat cocok untuk membuat rekap surat masuk dan surat
keluar di kantor. Baik untuk kantor pemerintah maupun swasta
ataupun organisasi. Walaupun masih sangat sederhana tapi lumayan untuk
membantu tugas-tugas anda merekap surat, baik surat masuk maupun surat keluar.
Aplikasi persuratan ini juga dilengkapi dengan pembuatan label
undangan dan amplop surat yang pernah saya bagikan pada postingan yang
lalu, Lihat Disini. Dan supaya tidak repot menggunakannya, kedua aplikasi ini saya
gabung saja dalam satu kesatuan biar lebih praktiks untuk digunakan.
Berikut screenshoot Menu Utama Aplikasi Agenda Surat Masuk dan
Surat Keluar
Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Dan yang lebih
utama aplikasi ini bersifat full version jadi gak ada expirenya.
Berikut cara penggunaan Aplikasi Agenda Surat
Masuk dan Surat Keluar
Menambah Data
Untuk mencatat surat masuk dan surat keluar, pilih
Persuratan pada menu utama, maka akan muncul form seperti di bawah ini.
Pada Tab pertama adalah data untuk Surat Masuk sedangkan pada Tab
kedua adalah data untuk Surat Keluar. Cara menambah dan mengedit datanya
sama saja. Klik tombol tambah untuk mulai menginput data. Jika data yang sudah
diinput mau diganti arahkan mouse/pointer ke data yang mau di rubah selanjutnya
klik tombol Ubah. Begitu juga jika ingin menghapus data, klik tombol hapus sambil
mengarahkan pointer/mouse ke data yang mau dihapus
Mencetak Rekapan Surat Masuk dan Surat Keluar
Untuk mencetak rekapan surat, pilih Rekap Surat pada menu utama.
Maka akan muncul form seperti di bawah ini
Ada beberapa kategori rekapan surat seperti gambar form di atas.
Pilih saja sesuai dengan kebutuhan laporan rekapan yang akan dicetak. Mudah
bukan?
Membuat Amplop dan Label Undangan
Untuk membuat amplop atau label undangan pilih Daftar Undangan
pada Menu Utama. Maka akan muncul form seperti di bawah ini
Silahkan isikan data ke form ini untuk membuat label undangan.
Data label ini bisa juga dipakai untuk mencetak amplop surat. Untuk
mencetak label atau amplop, beri tanda centang pada label atau amplop seperti
pada gambar di atas. Praktis kan?
Pengaturan Nama Organisasi
Untuk mensetting nama organisasi, silahkan pilih Pengaturan pada
Menu Utama, maka akan muncul form seperti di bawah ini.
Ketik saja teks yang ingin ditampilkan pada Amplop pada form di
atas. Data yang sudah diisi akan muncul/tercetak di amplop surat dan Rekapan
Surat.
Pengaturan Password Login
Password login aplikasi surat masuk dan surat keluar ini adalah User : admin, password : xx. Tapi bila anda ingin menggantinya, buka Menu
Pengaturan di Menu Bar sebelah kiri atas. Selanjutnya pilih Ganti Password,
maka akan muncul form untuk mengganti password seperti pada gambar form di
bawah.
Jika sudah klik tombol Ganti, maka password dan
nama usernya akan berubah dengan yang baru.
Petunjuk Instalasi
Cara instalasi aplikasi ini sangat mudah, tapi sebelum itu
pastikan dulu bahwa Microsoft Office 2007 atau versi berapapun sudah terinstall
pada komputer anda. Selanjutnya ikuti saja petunjuk instalasi pada file pdf
yang disertakan pada link download.
Jika anda ingin belajar membuat aplikasi seperti diatas lihat disini Tutorial Membuat Aplikasi Label Undangan menggunakan Microsoft Access
Demikianlah artikel tentang Aplikasi Agenda Surat
Masuk dan Surat Keluar.
Jika ada yang ingin ditanyakan seputar aplikasi ini, silahkan isi kotak
komentar di bawah.
1. Aplikasi Agenda Surat Masuk ini dibagikan secara GRATIS oleh
Admin.. Jika ada yg memperjual belikan Aplikasi ini diluar, itu diluar Tanggung
Jawab Admin Blog-Pns.
2. Jika ada yang
memperbaharui, menambahkan fungsi aplikasi ini sehingga lebih komplit
sehingga manfaatnya lebih baik lagi. kembali ke Point 1 di atas..
3. Jika anda ingin membantu
Admin blog-pns (hehehe) klik aja iklan di bawah postingan ini..
Terima kasih..